Profile photo of chusnul57e

SELLING IS MARKETING BUT MARKETING IS NOT SELLING

KENAPA BELAJAR PEMASARAN. Satu alasan mendasar kenapa belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran merangsang penelitian dan ide-ide baru yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif. Pemasaran juga memberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen produk tersebut akan membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.

STRATEGI MARKETING, yaitu menciptakan nilai jual yang lebih tinggi terhadap barang atau jasa yang kita hasilkan dengan menjadikan riset pasar dan produk pesaing sebagai tolak ukur. Sebagaimana tujuan dari pemasaran sebagai proses komunikasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka setiap pelaku bisnis seharusnya menyadari tentang pentingnya memberi informasi atau promosi terhadap barang atau jasa yang dihasilkan.

Tujuan pemasaran atau promosi bagi bisnis adalah:

  • Sebagai proses penyebaran informasi terhadap target pasar
  • Untuk meningkatkan penjualan sehingga otomatis keuntungan meningkat.
  • Dengan promosi dapat menambah pelanggan baru dan menjaga hubungan baik terhadap konsumen
  • Kestabilan penjualan produk tetap terjaga meskipun situasi pasar kurang  mendukung.
  • Promosi yang dilakukan secara berkala akan membuat produk yang kita hasilkan menjadi beda dari produk lain dan tetap unggul dibanding pesaingnya
  • Citra produk yang kita hasilkan tetap terasa di mata konsumen
  • Promosi yang kita lakukan dapat mempelajari keinginan konsumen lebih spesifik sebagai bahan pertimbangan untuk produk ke depannya.

 

Text Book :

Link: http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/files/2015/01/2015-01-BUKU-Pemasaran-Strategik-Perspektif-Perilaku-Konsumen.pdf

cover_pemasaran-strategik-perspektif-page-001

Ujang Sumarwan (editor). 2015 (Pemasaran Strategic: Perspektif Perlilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press)

IL20160124_162358MU PEMASARAN STRATEGIK: yang harus dikaji dan dipelajari dalam menjawab pertanyaan “Bagaimana sebuah perusahaan menyusun strategi pasar” agar mampu meningkatkan kinerja perusahaan dalam menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham.

Buku PEMASARAN STRATEGIK Strategi untuk pertumbuhan perusahaan dama penciptaan nilai bagi pemegang saham mampu memenuhi kebutuhan para praktisi pemasaran, bisnis, eksekutif atau decision maker di perusahaan dan mereka yang ingin belajar lebih dalam terkait produk bisnis dan strategi pemasarannya.

By: Ujang Sumarwan, Agus djunaidi, Aviliani, H.C. Royke Singgih, Jusup, Agus Sayono, Rico. R. Budidarmo, Sofyan Rambe.

penerbit: Inti prima promosindo, 2009

 

No Comments

Skip to toolbar