Profile photo of chusnul57e

Nikmatnya Layanan “Drive Thru”

20161016_063729

Kenyamanan, tingkat kemudahan, harga dan kebebasan penawaran untuk mencapai “willing to pay” merupakan kebutuhan dasar setiap pengguna layanan. Rakyat menengah ke bawah dengan pendapatan bulanan yang “pas-pasan” melihat unsur tersebut sebagai faktor penting karena sangat mampu mengurangi beban bulanan mereka bila dibandingkan dengan harus berbelanja di Mall atau Super Mall dengan harga jual yang melambung tinggi. Mereka mau mengurangi faktor kenyamanan untuk mendapatkan kebutuhan mereka sehari-hari. Atau bahkan merubah definisi kenyamanan yang mereka anggap diartikan berlebihan oleh para pelanggan di pasar modern atau Mall. Inilah kondisi rakyat kebanyakan di negeri ini.

“Drive Thru” sebuah kata asing yang mereka tahu dan selalu saksikan yang seakan hanya diperuntukkan bagi kaum “have” yang berkendaraan roda empat bila hendak membeli makanan dibeberapa kedai modern yang harganya cukup mahal dan mungkin bermimpi pun tidak sanggup mereka lakukan. Seakan Pelayanan prima seperti itu hanya diperuntukan bagi mereka yang mampu bercengkerama dengan kemewahan dan tidak memberikan peluang sedikit pun bagi kaum strata menegah dan bawah untuk menikmati pelayanan Drive Thru tersebut. Dengan kesederhanaan dan segala kekurangan yang ada, para penjual di pasar rakyat sangat memahami kebutuhan tersebut sehingga mereka mencoba melakukan pelayan prima langsung mendekati pelanggan. Dengan “sedikit” mengacuhkan aturan yang mungkin belum diatur karena mungkin mereka merasa tidak pernah ada pelarangan maka mereka wujudkan “Drive Thru” bagi pelanggan loyal sebagai salah satu implementasi peningkatan layanan bagi pelanggan. Bahkan “Drive Thru” berlaku bagi semua jenis kendaraan tanpa terkecuali.

20161016_063848

Pemerintah daerah perlu melakukan edukasi mendasar kepada seluruh pedagang untuk secara bersama merubah pola pikir dan belajar lebih baik untuk menyadari perlunya pasar bersih atau pasar modern demi kenyamanan pedagang juga pelanggan. Sosialisasi yang berkesinambungan dan ketegasan seluruh aparat, keberanian pemerintah daerah dengan dukungan anggaran dan peraturan agar memiliki pijakan untuk merubah wajah kota semakin cantik dan beradab.

(judianto – 2016)

 

No Comments

Skip to toolbar