Profile photo of chusnul57e

“BARBER SPA” SEBUAH FENOMENA BLUE OCEAN

Profesor asal 20161015_093938-1Korea, W. Chan Kim dan rekannya dari Perancis Renee Mauborgne, menuangkan ide mereka dalam buku berjudul Blue Ocean Strategy, suatu gagasan inovatif tentang menciptakan ruang pasar tanpa pesaing. Blue Ocean Strategy pada dasarnya adalah suatu siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, yang selama ini justru luput dari perhatian para pesaing sehingga terhindar dari persaingan bisnis yang memerlukan perhatian ekstra baik dari sisi kreativitas, inovasi, kebutuhan anggaran dan penetrasi pasar untuk dapat bertahan (sustain) dalam bisnis yang dijalani.

Pergumulan bisnis terus berlanjut dalam situasi perubahan pola hidup masyarakat perkotaan. Keberhasilan bisnis hanya bagi mereka yang memahami arti perubahan itu sendiri dan sigap serta tanggap menerima perubahan lalu merubah mindset untuk mengalun mengikuti irama perubahan. Perubahan lingkungan Internal maupun Eksternal (Turbulent Environment) yang sangat cepat terjadi menjadikan sebuah bisnis harus selalu hidup dan ikut berkembang serta responsive terhadap setiap perubahan yang terjadi sekecil apapun perubahannya. Dorongan perubahan dari luar organisasi untuk berubah lebih disebabkan karena adanya perubahan pasar (bisnis), karakteristik demografis, Perkembangan teknologi (IT, material, Application Technology), Tekanan sosial, politik dan kebijakan.

Menyadari kondisi tersebutlah maka dibutuhkan sentuhan modernisasi dan kreatifitas serta inovasi untuk tetap mampu bersaing dalam bisnis Barber Shop di perkotaan. Kreatifitas yang mampu tetap melayani pelanggan loyal dan menarik konsumen potensial. Beberapa hal yang dilakukan seperti perubahan desain interior dengan nuansa “youth”, dengan sayup terdengar alunan musik cadas kadang melankolis penuhi ruangan sejuk full AC. Sementara gaya tukang cukurnya pun mampu membuat kita tersenyum dengan gaya ala vokalis terkenal. Pelayanan super prima, kesopanan para pelayan, kebersihan ruangan dan kualitas peralatan kerja (alat cukur) yang terlihat sangat presisi dan nyaman digunakan juga layanan sedikit jamuan makan dan minuman sekedarnya. Inilah nilai tambah yang mampu meningkatkan nilai jual barber shop yang layaknya Barber SPA. Dengan perbandingan harga yang cukup jauh dibanding tukang cukur pada umumnya tetapi justru membuat pelanggan mendekat karena tawaran kenyamanan pelayanannya. Harga yang ditawarkan adalah 35.000 (kids) dan 45.000 (Adult) yang jauh dibanding layanan tukang cukur biasa 10.000 (kids) dan 12.000 (adult). Inovasi yang mampu menciptakan pangsa pasar tertentu untuk menghindari persainan yang melelahkan.

(Judianto-2017)

No Comments

Skip to toolbar